Buah Tusuk Aja Ada Sejarahnya. Ya, Ini Adalah Tanghulu!

Maret 14, 2018

tanghulu di china

Gue cerita dulu, kalau Tanghulu ini merupakan makanan yang sudah ada sejak zaman dinasti song dan diberikan kepada selir yang sedang sakit parah. Awal mulanya karena sang kaisar menyuruh seorang tabib untuk mengobati selir, nah si tabibnya ini punya resep yaitu Tanghulu. Setelah si selir memakan Tanghulu dari tabib itu ternyata kondisinya semakin membaik dan sembuh. Mulai dari sinilah yang menjadikan Tanghulu ini semakin dikenal dan banyak diminati oleh penduduk negara China itu sendiri. 

Sampai saat ini Tanghulu ini menjadi makanan khas yang selalu hadir di musim dingin di China. Tanghulu ini berupa buah atau potongan buah yang dilumuri oleh gula cair yang ditusuk oleh batang kayu tipis dan kemudian membeku. Buah yang biasanya dipakai untuk membuat Tanghulu adalah hawthorn berry, tapi bisa juga diganti dengan buah lain seperti stroberi, tomat ceri, kiwi, jeruk mandarin, nanas, dan sebagainya. 
makan tanghulu di beijing
ini berbagai jenis Tanghulu yang bukan hanya buah Hawthorn Berry
Rasanya gimana ki? Waktu itu gue melihat dan membeli Tanghulu di area pintu keluar The Palace Museum (Forbidden City), harganya 6 CNY (Rp 13.000-an). Satu tusuk Tanghulu berisi 5 buah Hawthorn Berry berwarna merah menyala. Ketika pertama kali buah itu sampai di gigi rasanya seperti mau menggigit kaca, bener-bener keras (iyalah woi kan beku). Butuh effort buat menggigit Tanghulu ini sampai benar-benar tergigit. Tekstur buah Hawthorn Berry-nya mirip apel tapi rasanya sedikit asem (kecut), beruntung ada rasa manis dari si gula cair bekunya. Gue hanya memakan satu buah aja, takut sakit gigi, sisanya gue kasih temen. Hehe.. kan yang penting gue udah pernah nyobain! 
beli tanghulu di beijing
masnya ngeliatin aja, emang muka maling ya gue!
harga tanghulu di beijing
lapisan luar yang terlihat mengkilap gue kira basah, ternyata beku
makan tanghulu musim dingin
selamat makan Tanghulu ya!
Tanghulu: 6 CNY (7.5 dari 10)

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK

Member of

ID Corners