Soto Kerbau Karso Karsi, Kudus: Cita Rasa Gurih dari Kota Santri

Juni 21, 2018

soto kerbau karso karsi

Makan siang apa ya di Kudus? Ternyata gue sempat kebingungan karena ada 2 jenis Soto Kudus di sini, pertama adalah soto dengan potongan daging ayam dan yang kedua adalah soto dengan potongan daging kerbau. Pilihan daging ayam sepertinya enak, sedangkan pilihan daging kerbaunya juga menggugah selera. Keduanya sama-sama menarik untuk dicoba, maka gue memutuskan untuk mencari keduanya, hehe. 

Keputusan pertama jatuh pada Soto Kerbau Karso-Karsi yang terletak di pinggir jalan yang mengarah ke Demak atau mengarah ke dalam kota (Jalan R. Agil Kusumayudha, Jati, Jati Kulon). Warung bercat biru terang yang terlihat sangat biasa saja, ukurannya tidak luas dan tidak besar. Tetapi pembeli yang silih datang berganti sangatlah banyak dan ramai. Bingung mencari tempat duduk di sebelah mana, karena datang seorang diri sampai akhirnya mendapatkan kursi duduk di ujung etalase kaca yang berada di pinggir tembok warung soto ini. 
lokasi soto kerbau karso karsi
ini bentuk warungnya, mencolok tapi tidak besar
alamat soto kerbau karso karsi
tulisan karso-karsi di mana-mana
soto kerbau karso karsi lebaran
H+3 lebaran, suasananya ramai penuh dengan perut-perut kelaparan
Terpesanlah satu porsi soto kerbau yang tersaji di dalam mangkuk mungil nan imut khas dari penyajian soto di sini, di dalam mangkuk mungilnya itu isinya ada nasi (iyalah Eki!), kuah soto kuning bening, tauge, potongan daun seledri, daun bawang goreng, dan tentunya irisan daging kerbaunya. 

soto kerbau karso karsi khas kudus
dibuat untuk disajikan di depan kita, jadi bisa lihat cara meraciknya
soto kerbau karso karsi kudus
makan pakai sendok bebek yang khas, menambah rasa lezat menyantap soto mungil enak ini
Rasanya gimana ki? Kesan awal dari sesendok pertama yang disuap adalah, gurih! Iya, gurih yang datang dari rasa kuah Soto Kerbau Karso-Karsi ini, sepertinya kuahnya adalah campuran dari rebusan tulang atau daging kerbaunya itu sendiri, yang menghadirkan rasa kadlu yang kuat. Tapi, jangan membayangkan masakan yang dicampur daging kerbau itu akan beraroma prengus ya, karena soto kerbau karso-karsi ini nggak berbau prengus sama sekali. Tekstur irisan daging kerbaunya sangatlah lembut dan tender (aseeek), ketika digigit dan dikunyah di mulut itu nggak “melawan” sama sekali (bahasanya Peppy), bahkan ketika terlalu nikmat saat memakannya justru lupa kalau yang dimakan adalah daging kerbau bukan daging sapi. 

soto kerbau karso karsi kota kudus
itu kuahnya diambil dari gentong tanah liat dan pakai centong batok kelapa, mantap kan!

Lagi-lagi, saking nikmatnya menyantap soto kerbau ini, tiba-tiba sudah suapan sendok terakhir, aduh duh, rasanya baru makan satu/dua suap aja, nggak puas, tapi perut nggak boleh kekenyangan karena ingin mencoba kuliner yang lain. Akhirnya stop sampai di satu porsi soto kerbau saja yang sudah bisa membuat hati bahagia. Ya, memang begitulah keunikan menyantap sajian soto khas Kudus ini, seperti yang gue bilang di awal kalau ukuran mangkuknya mungil imut-imut, jadi jika dalam keadaan lapar berat, mau nggak mau akan mengharuskan kita untuk menambah porsinya lagi, nambah, nambah, dan nambah, menang banyak kan warungnya? Haha.

JadiSoto Kerbau Karso-Karsi bisa gue sarankan untuk dicoba ketika berkunjung ke Kota Kudus. Harga satu porsinya 15.000 Rupiah aja, hati-hati jangan kalap ya kalau memang ingin tambah ini tambah itu, karena total harganya jadi lumayan tuh, hehe. 

SELAMAT NYOTO!
Soto Kerbau              : Rp 15.000 (8/10)
Teh Tawar Dingin     : Rp 5.000

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK

Member of

ID Corners