Sore Syahdu di Pantai Ciantir a.k.a Pantai Pasir Putih Sawarna

Oktober 22, 2018

pantai ciantir

Perjalanan ke Sawarna, baca dulu sebelumnya mas/mbak..
Setelah check-in di penginapan, istirahat sebentar, sekitar jam 4 sore gue keluar menuju Pantai Pasir Putih Sawarna. Jarak dari tempat gue menginap ke area pantai terbilang dekat, paling hanya sekitar 500 s/d 700-meteran aja. Berjalan kaki, masuk melalui pintu gerbang parkir wisata Sawarna, mampirlah sebentar ke sebuah warung untuk membeli pengganjal perut yang bisa dimakan, laper cui. Menyantap mi goreng telur dengan kondisi perut yang lapar (nggak sehat sih, tapi terpaksa), ditambah suasana Desa Sawarna sore hari yang tenang, nggak ramai, hembusan angin semilir yang datang pun semakin menambah kesyahduan liburan kali ini, duh.
pantai ciantir sawarna
itu di deket pohon kelapa adalah jalan raya, masuknya bisa dari sini
pantai ciantir desa sawarna
nah kelihatan ada jembatan kuning ini pokoknya
pintu masuk pantai ciantir
sepi, enak suasananya
Lokasi Pantai Pasir Putih masih satu garis pantai dengan Pantai Sawarna dan Tanjung Layar yang berada di ujung garis pantai. Ada satu hal yang masih mengganjal bagi gue sampai tulisan ini dibuat, yaitu kenapa penduduk di Desa Sawarna lebih mengenal pantai ini dengan sebutan Pantai Pasir Putih ketimbang Pantai Ciantir yang namanya sudah jelas-jelas muncul dan terlihat di maps.Terbukti saat membayar mi instan dan kemudian menanyakan letak lokasi Pantai Ciantir, tampak si Ibu penjual sedikit kebingungan, barulah kemudian menjelaskan dengan Bahasa Sunda halusnya kalau pantai yang paling dekat dari gerbang masuk adalah Pantai Pasir Putih. Hmm…
peta pantai sawarna
nah kan, tertulis di sini adalah Pantai Ciantir
Rasa penasaran terus mengintai pikiran, yang di mana perkiraan gue pantai ini awalnya memang bernama Pantai Ciantir, namun mungkin karena dirasa kurang menarik atau eye-catching untuk didengar, membuat mereka (warga di sini) memutuskan untuk mengganti penyebutan namanya menjadi Pantai Pasir Putih, sepertinya ya, hehe…
Lanjut, gue membayar biaya tiket masuk sebesar 5 ribu Rupiah untuk setiap orang. Kemudian kita akan melewati sebuah jembatan besi berwarna kuning yang sangat kuat dan kokoh, tenang aja. Masuk terus ke dalam melalui jalan setapak ber-konblok yang sudah rapi, mulai akan terlihat penginapan-penginapan yang sepertinya mengasyikkan ketika datang bersama rombongan teman. Nah, di jalan setapak ini juga sudah ada papan petunjuk yang mengarahkan kita untuk ke Pantai Pasir Putih. 
masuk ke pantai pasir putih sawarna
jembatan besinya mantap!
masuk ke pantai pasir putih ciantir
sebelum ada jembatan besi, jembatan itulah yang menjadi sarana menyeberangi muara sungai ini
pantai pasir putih ciantir
uwis banyak petunjuk arahnya di sini
pantai pasir putih ciantir sawarna
jangan salah kostum ya kalau mau mantai.. hehe..
“Pantainya baguuusss…!!”
Kata yang terucap pertama kali ketika menginjakkan kaki di salah satu pantai di kawasan Desa Wisata Sawarna ini. Seperti julukannya bahwa pasir di pantai ini memang putih, permukaan yang landai, dan dengan arus ombak besar khas laut selatan. Kalau mau berenang di sini masih terbilang aman, namun punya area yang nggak jauh dari bibir pantai, mengingat arus ombaknya yang terbilang besar tadi.
pantai pasir putih ciantir
nggak usah buru-buru, nikmati aja suasananya...
sawarna ciantir
kayak anak kecil, maap..
sawarna ciantir pasir putih
nggak ngerti lagi...
wisata pantai ciantir sawarna
banyak warung di sini, kalau weekday pakai aja buat nyantai, bebasss...
sawarna ciantir pasir putih pantai
pasirnya bersiiiih..
Menikmati suasana pantai hari Jum’at sore yang sepi sungguh sangat menenangkan hati dan pikiran. Sayangnya sore itu langit sedang tidak bersahabat, menutupi sang matahari yang seharusnya terlihat tenggelam di ufuk timur pantai ini. It’s okay, Pantai Pasir Putih tetap bisa menghipnotis siapa pun yang datang menikmatinya. 
Tiket masuk pantai: Rp5.000
Makan indom*e telur: Rp10.000

Selamat beristirahat, besok pagi kita lanjut pergi ke Pantai Pulo Manuk ya.

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK