MRT Jakarta: Culture Shock Peradaban Baru Ibukota Negara Indonesia

March 22, 2019


MRT Jakarta Sudah Siap Digunakan, Tetapi Apakah Kita Juga Sudah Siap Menggunakannya?
Sebuah harapan yang dari dulu dinantikan oleh warga Jakarta dan sekitarnya, yaitu kehadiran MRT (Mass Rapid Transit) sebagai salah satu solusi pemecah kepadatan di jalan raya. MRT menjadi proyek besar DKI Jakarta dalam mengiringi pembangunan infrastruktur modern masa kini.
Pada hari Minggu, 24 Maret 2019, MRT fase pertama telah diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo beserta jajarannya di Bundaran HI, Jakarta. Kini warga Jakarta bisa berbangga hati karena bisa menikmati nyaman dan cepatnya MRT Jakarta ini sampai masa mendatang. 
Rute Fase 1 MRT Jakarta
Hebatnya MRT Jakarta diprediksi akan sama seperti MRT di luar negeri, yang akan tiba di setiap stasiun selang waktu 5 menit sekali dan keberangkatan yang ontime.
Ada total 13 stasiun yang akan dilewati jika naik MRT dari Bundaran HI menuju Lebak Bulus, begitu sebaliknya. Stasiun tersebut adalah Dukuh Atas, Setiabudi, Bendungan Hilir, Istora, Senayan, Sisingamangaraja, Blok M, Blok A, Haji Nawi, Cipete Raya, Fatmawati, dan Lebak Bulus.
Kerennya lagi, di MRT Jakarta fase pertama ini ada 6 stasiun yang letaknya berada di bawah tanah dan 7 stasiun berada di atas (layang).
Pengalaman Naik MRT Jakarta
Gue naik dari stasiun Bundaran HI sekitar jam 10 pagi, di mana suasana di luar (atas) stasiun itu sedang ada CFD, jadi sudah terbayang ramainya seperti apa. Setelah masuk ke dalam stasiun MRT bawah tanah, suasananya langsung berubah kontras karena benar-benar seperti sedang berada di stasiun MRT bawah tanah di luar negeri. Nice! 
Apakah Kita Sudah Siap?
Bayangkan, di dalam MRT mereka (anak-anak) lari-larian seperti sedang berada di lapangan bola, naik ke atas kursi untuk loncat-loncatan, teriak-teriak seakan-akan sedang berada di dalam kamarnya.
Ironisnya, anak-anak itu datang bersama orang tua yang seharusnya mengajarkan dan memberitahukan perilaku yang baik seperti apa.
Ketika ada yang beralasan “namanya juga anak kecil”, no sorry itu nggak bisa jadi alasan! Pemakluman dengan menggunakan alasan seperti itu dampaknya akan terjadi pada pembentukan karakter anak di kemudian hari nanti, bukan pada orang tuanya.
Toh, gue juga masih melihat ada anak yang anteng duduk manis dan sedang diceritakan hal-hal baik tentang MRT oleh orang tua yang berada di samping. Simpel kan?
Bahkan baru-baru ini yang sedang viral adalah foto-foto sekelompok Ibu-Ibu pengguna MRT yang bergelantungan di pegangan tangan, naik-naik kursi, sampai gelar tikar dan botram di stasiun MRT. Sangat disayangkan memang. Namun, itu adalah tugas kita untuk menegur apa yang benar dan apa yang salah. 
Dibuka Komersil Untuk Publik
Rencananya, MRT Jakarta akan dibuka komersial pada tanggal 1 April 2019 mendatang, karena tarifnya sedang digodok matang yang berkisar antara Rp8.000 – Rp12.000, kemungkinan tergantung jauh dekatnya tujuan akhir, sama seperti commuter line.
Tetapi dari tanggal 25 sampai 31 Maret 2019, kalian masih bisa mencoba MRT Jakarta ini secara cuma-cuma lho gaes! Selamat mencoba! 
Berikut foto-fotonya:
stasiun bundaran hi
ini persis di depan Plaza Indonesia
uji coba mrt jakarta
masih ada satpam yang mengecek kelengkapan data selama masa uji coba
mesin tapping mrt jakarta
mesin tappingnya masih belum berfungsi
ruang kesehatan mrt jakarta
ruang kesehatan di stasiun MRT
stasiun mrt jakarta bundaran hi
sama aja kayak di luar negeri, banyak tempelan sponsor, ahaha...
stasiun mrt bundaran hi
pilih keluar ke mana?
uji coba publik mrt jakarta
dibagi perjam dan dibedakan warna stikernya
naik mrt jakarta
cukup ramai di hari Minggu
jam keberangkatan mrt jakarta
jadwal jam keberangkatan bisa dilihat di sini
mencoba mrt jakarta
MRT-nya kena paparazi teruss...
mencoba mrt jakarta
line kuning untuk antre, line hijau untuk penumpang keluar ya gaes
mencoba mrt jakarta
slot buat sponsor masih kosong banget tuh..
stasiun mrt blok m
Stasiun Blok M adalah salah satu stasiun layang yang cukup besar
stasiun mrt lebak bulus
Stasiun Lebak Bulus juga termasuk besar lho...
mencoba mrt di jakarta
ini bentuk MRT Jakarta-nya
mencoba mrt di  jakarta
cakep yaa...
naik mrt di  jakarta
ihirrr foto-foto teruzzz..
MRT Jakarta fase 1 menyediakan rute perjalanan yang cukup panjang lho gaes, beruntung bagi mereka yang bertempat tinggal di sekitar Lebak Bulus, Jakarta Selatan dan bekerja di daerah perkantoran Bundaran HI, Jakarta Pusat. Mereka bisa berangkat kerja dan pulang ke rumah dengan waktu tempuh hanya 30 menit aja, mantep cui! 
Hari Minggu, 17 Maret 2019, gue berkesempatan mencoba MRT Jakarta yang dibicarakan banyak orang ini. Melalui situs bukalapak, gue beli tiket Trial Run MRT dengan kuota yang terbata. Trial Run MRT dilaksanakan dari tanggal 12 Maret 2019 sampai 24 Maret 2019.
Namun sayangnya, semangat mencoba MRT seketika luntur dan sirna saat melihat banyak anak-anak yang tidak dididik untuk bertata krama dengan baik. 

naik mrt jakarta

Selamat mencoba!

You Might Also Like

2 comments

  1. Replies
    1. Cobain mba, iseng aja jalan-jalan kmn gitu. Saya pengen nyoba LRT malah.

      Delete

FACEBOOK

Member of

ID Corners