Wisata Horror nan Mencekam di Museum Pengkhianatan PKI & Lubang Buaya, Cipayung, Jaktim

April 27, 2019


Hari Rabu, 17 April 2019, setelah melakukan ritual 5 tahunan yaitu pencoblosan calon presiden RI periode 2019-2024, siang harinya gue memutuskan pergi ke salah satu museum yang berada di daerah Cipayung, Jakarta Timur, yaitu Museum Pengkhianatan PKI (Komunis) yang masih satu area dengan Lubang Buaya dan Pusat Sejarah TNI (Pusjarah TNI).

Lokasi tepatnya berada di Jalan Raya Pondok Gede. Kalau datang dari arah Pondok Gede Plaza, belok kiri yang ke arah TMII, sekitar 500 meter di kiri jalan ada pintu masuk dengan gerbang yang besar. Jam bukanya mulai dari jam 10 pagi sampai 4 sore.

Tiket Masuk yang Lumayan Mahal Untuk Sebuah Museum
Waktu itu gue datang berdua pakai mobil dan dikenakan biaya Rp25.000. Lumayan pricey untuk masuk ke sebuah museum, maka dari itu gue penasaran dan gue rinci nih apa aja biaya masing-masingnya.

Jadi, tiket masuk museum per orangnya hanya Rp2.500 dan kendaraan roda empat dikenakan Rp5.000. Lantas apa yang membuat harga tiket masuknya melambung tinggi, karena kalau berdua pakai mobil aja totalnya masih Rp10.000.

Ternyata, selisih Rp15.000-nya adalah biaya buku panduan museum dan stiker yang menurut gue terlalu memaksakan untuk di-bundling dengan tiket masuknya. Hmm...

tiket masuk museum pengkhianatan pki
kalau nggak laku buku panduan sama stikernya, jangan asal main gabung-gabung aja
Kelam Sunyi Dingin Museum Pengkhianatan PKI
Berjalan kaki lumayan jauh dari area parkir untuk sampai ke area depan Museum Pengkhianatan PKI. Areanya memang cukup luas, bahkan bangunan museum-nya pun terlihat sangat besar dan megah.

museum pki jakarta timur cipayung
arenya luas banget, parkirannya juga (sorry nggak kefoto)
museum pengkhianatan pki cipayung jakarta timur
ini bentuk bangunan luar museumnya, kayak kantor gubernur kan?
museum pengkhianatan pki pondok gede jakarta timur
berbagai koleksi kendaraan para jenderal dan pasukannya
Museum ini dibangun dan diresmikan pada tanggal 1 Oktober 1992 oleh Presiden Soeharto. Sebelum masuk ke dalam museum, harus diingat dulu kalau museum ini berisi tentang rekam sejarah kekejaman, kekejian, dan penyiksaan sadis rakyat Indonesia dan tokoh nasional oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). 

Suasana gelap, hawa dingin, dan cahaya temaram, ditambah aroma khas bangunan tua langsung menyeruak ketika pertama kali masuk ke dalam bangunannya. Suasana creepy semakin mendukung ketika terdapat banyak diorama dan ruangan museum yang rutenya berbelok, luas, dan panjang.

museum pengkhianatan pki pondok gede cipayung jakarta timur
ini kelihatan biasa aja, tapi aslinya banyak area yang gelap
museum pengkhianatan pki pondok gede cipayung jaktim
sepi, sunyi, dingin di sini
diorama museum pengkhianatan pki pondok gede cipayung jaktim
salah satu diorama di Museum Pengkhianatan PKI

diorama museum pengkhianatan pki pondok gede jakarta
salah satu diorama yang sadis
diorama di museum pengkhianatan pki pondok gede jakarta
keren dioramanya, mirip aslinya
koleksi senjata museum pengkhianatan pki pondok gede jakarta
sejumlah senjata yang digunakan untuk membunuh
senjata museum pengkhianatan pki pondok gede jakarta
kepala buntung!!! sebenernya ada satu diorama perempuan seukuran manusia berambut panjang membelakangi pengunjung yang menggendong bayi dengan darah yang berlumuran di baju warna putih, saking takutnya gue gak berani foto.
Entah kenapa bentuk bangunan luar yang bagus tidak sampai ke bagian dalam bangunan museum yang terkesan tidak diperhatikan. Banyak lampu di sudut ruangan yang mati dan di sejumlah diorama di sini yang bercerita tentang berbagai macam penyiksaan sampai pembunuhan.

Bau Anyir Menyengat di Seluruh Ruangan
Adrenalin meningkat dan rasa deg-deg-ser terus dipacu selama berada di dalam Museum Pengkhianatan PKI ini sampai pada puncaknya ketika berada di sebuah ruangan yang bertuliskan “Ruang Pakaian dan Bekas Darah”. Whaaatt!!

ruang bekas darah museum pengkhianatan pki pondok gede
lorong untuk sampai ke depan papan ini aja udah serem suasananya
ruang bekas darah di museum pengkhianatan pki pondok gede
takut tapi penasaran
Tapi, sebelum sampai ke ruangan 'bekas darah' itu juga spesial rasa mencekamnya karena lokasinya ada di paling belakang bangunan besar Museum Pengkhianatan PKI ini. Ditambah siang hari itu sepi banget suasananya dan sempet kaget banget ketika tiba-tiba ada pintu di ujung lorong yang mendadak terbuka padahal ternyata itu adalah salah satu petugas museum yang keluar. Ah elah Pak!

Ketika sampai dan masuk pertama kali ke dalam 'ruang bekas darah' di Museum Pengkhianatan PKI ini gue langsung reflek tutup hidung! Beuuh, aroma ruangannya bener-bener beda dari ruangan yang lain di sini.
museum pki jakarta timur
radio jadul yang udah rusak, semakin menambah suasana horror di sini
ruang bekas darah lubang buaya pondok gede
itu boneka kecilnya serem, sumpah!
ruang bekas darah lubang buaya cipayung
ada sebagian pakaian yang bersih dari darah, tapi ada banyak yang rusak dan berlumuran darah, contohnya pakaian paling kanan
ruang bekas darah di lubang buaya cipayung
ini pakaian dengan bercak dan bekas darah paling banyak di sini
Bau anyir darah yang mengering bener-bener bikin mual kalau yang nggak kuat nyium. Lagi-lagi masih dengan hawa dingin lembap yang bikin suasana semakin mencekam ketika melihat-lihat berbagai bekas pakaian para tokoh nasional yang dibunuh PKI yang masih ada bekas dan bercak darahnya.

Lubang Buaya dan Monumen Pancasila Sakti
Setelah selesai memutari dan mengelilingi Museum Pengkhianatan PKI, kita bisa lanjut berjalan kaki lagi menuju area Lubang Buaya dan Monumen Pancasila Sakti yang berada di seberangnya.

Menurut gue, di area Lubang Buaya ini justru nggak serem dari bayangan atau ekspektasi ketika akan pergi ke sini. Suasana di sekitar ‘lubang’ malah terasa adem dan nyaman berkat hijau dan rindangnya pepohonan.

lubang buaya cipayung jakarta timur
tenaaaang.... ademmm sejauh mata memandang
lubang buaya pondok gede jakarta timur
bye...bye..museum serem!
lubang buaya cipayung kota jakarta timur
ngadeeem dulu di sini....
Nggak jauh dari sumur sempit yang digunakan PKI untuk membuang jasad dari 6 tokoh nasional Indonesia ini terdapat sebuah rumah yang berisi diorama besar seukuran manusia asli. Patung-patung lilin orang PKI yang digambarkan ketika menyiksa jenderal-jenderal Indonesia. Seremnya di sini!

lubang buaya di pondok gede jakarta timur
bayangkan 6 jasad jenderal dibuang PKI di lubang sesempit ini. so cruel!
museum lubang buaya di pondok gede jakarta timur
nah... dari kejauhan mulai ada yang gak beres lagi nih di bangunan ini..
museum lubang buaya pondok gede jakarta timur
serem-serem dioramanya... huwaaa.. itu cewek di sebelah kiri duhhhh...
museum lubang buaya cipayung jakarta timur
sereeem banget asli, sumpah! kalo malem ada isinya gak sih ini..
Masih di area yang sama, terdapat Monumen Pancasila Sakti yang terlihat sangat megah dengan relief keren pada dindingnya. Relief di dinding ini menggambarkan para anggota PKI yang menyiksa pahlawan nasional dengan menggunakan arit. Kejam!

monumen pancasila sakti lubang buaya cipayung pondok gede jakarta timur
ini yang jadi spot foto favorit pengunjung
monumen pancasila sakti lubang buaya pondok gede jakarta timur
oh iya, ada peraturan kalau di sini jangan berlaku atau bertingkah berlebihan, karena kita harus menghormati mereka yang telah tiada memperjuangkan bangsa Indonesia
monumen pancasila sakti lubang buaya pondok gede jakarta
pos komando yang bentuk bangunan dan isinya nyaman banget ternyata
monumen pancasila sakti pondok gede jakarta
sampai membayangkan punya rumah kayak gini di kampung asyik juga...
monumen pancasila sakti pondok gede jakarta timur
ngeteh sambil makan singkong rebus pagi hari di teras, imajinasiku melambung tinggi di sini
monumen pancasila sakti cipayung pondok gede jakarta timur
itu bangunan dapur umum dari kejauhan
Selain itu, tidak jauh dari Monumen Pancasila Sakti, ada dua bangunan yang dibuat untuk menggambarkan seperti apa bentuk pos komando dari pasukan G.30.S/PKI dan dapur umum yang digunakan pada saat merencanakan pembunuhan para pahlawan revolusi Indonesia.

Kesimpulannya
Diorama yang ada di dalam Museum Pengkhianatan PKI dan di Lubang Buaya ini menurut gue terlalu sadis untuk disajikan kepada anak-anak yang sedang belajar di sekolah dasar. Pelajaran sejarah memang bisa diambil dan dipelajari, tetapi banyak diorama yang terlalu brutal dan sadis untuk diperlihatkan.

Satu lagi saran dari gue kalau mau ke sini, mending datang pas hari libur sekolah atau weekend kalau mau suasananya ramai sehingga jauh dari rasa mencekam dan creepy. Tapi kalau suka suasana sepi dan suka menantang diri, hari biasa menjadi waktu yang tepat, hehe…

Selamat berkunjung!

You Might Also Like

0 komentar

FACEBOOK

Member of

ID Corners