Nikmatnya Makan Siang Kaya Rasa di Rumah Makan Sayur Gabus Pucung Bapak Nijar, Babelan

April 18, 2019

gabus pucung bapak nijar

Hari Minggu kemarin (7/4) random banget jalan-jalan ke daerah Babelan sekitar jam 8 – 10 pagi naik motor hanya karena penasaran pengen tau daerahnya kayak apa. Sampai kemudian teringat kalau di daerah Babelan ada warung makan yang menyediakan Gabus Pucung sebagai menu utamanya.

Oke, setelah muter-muter, sekitar jam 10 pagi berhenti di sebuah warung yang bertuliskan “Rumah Makan Sayur Gabus Pucung Bapak Nijar”. Tepatnya berada di Jalan Raya Pulo Timaha, Babelan Kota, Babelan, Bekasi, Jawa Barat.

Sebuah rumah makan masakan khas Betawi yang masih sepi dan pintunya tertutup rapat ketika gue sampai di sini. Menurut penuturan penjual es kelapa yang sudah buka persis di depan rumah makannya, mengatakan kalau warungnya baru buka jam 11 siang. What!

Belum Buka, Udah Masuk ke Dalem

gabus pucung bapak nijar babelan
ini bentuk warungnya, persis di pinggir sawah
mulai ramai nih, padahal baru buka
gabus bapak nijar babelan
jam 10:30, belum buka, gue udah di dalem aja... hahaha....
sayur gabus pucung babelan
sambil nunggu pesen es kelapa gula merah aja dulu...
Jadi, masih sekitar satu jam lagi Rumah Makan Sayur Gabus Pucung Bapak Nijar ini buka. Gue berpikir, kalau gue pergi dan nanti ke sini lagi terlalu repot dan takutnya penuh. Akhirnya rela menunggu di depan warung sambil minum es kelapa yang terasa nikmat melewati tenggorokan.

Nggak berapa lama, pengunjung mulai datang satu per satu. Setelah tahu masih tutup, ada yang langsung pergi, tapi ada juga yang nunggu kayak gue.

menu gabus pucung bapak nijar
menu utama yang bisa dipesen ini aja
Sekitar jam 10:30, pemilik warung membuka sedikit pintunya dan kemudian sekelompok orang yang menunggu bersama gue waktu itu langsung masuk ke dalem dan duduk di salah satu mejanya. Gue pun ikutan masuk dan mencari kursi untuk duduk. 

Pecak Bandengnya Pedezzzzz

Sekitar jam 10:45 salah satu pelayan dari Rumah Makan Sayur Gabus Pucung Bapak Nijar sudah membagikan kertas menu. Yesss akhirnya!

Gue ke sini berdua dengan Mboke, pesan Gabus Pucung tentu saja, Pecak Bandeng, 2 porsi nasi, dan 2 teh tawar anget. Nggak perlu pesan lalapan, tahu, tempe, atau bakwan, karena semua itu akan diantarkan bareng dengan makanan yang kita pesan.


sayur gabus pucung bapak nijar babelan bekasi
itu ada bakwan udang, tempe, tahu
sayur gabus pucung bapak nijar babelan
ini pecak bandengnya, pedes-pedes gurih segeeer...
sayur gabus pucung bapak nijar kabupaten babelan
ukurannya gede, cukup buat 2 orang inimah..


Pecak adalah salah satu olahan masakan khas Betawi yang bahan pembuatannya terbuat dari campuran bawang merah, cabe, jahe, kacang, dan air asem jawa. Gue sama sekali belum pernah coba yang namanya bumbu pecak, sampai kemudian di suapan pertama kuah Pecak Bandengnya gue tersedak.

“buseeet, pedes bangeeet……!!”

Iya, ikan bandeng bumbu pecak kacang Bapak Nijar punya rasa gurih dan dominan pedes. Bagi yang suka pedes, ini cocok banget, nget, nget! Tapi bagi gue terlalu pedes, membuat keringat bercucuran selama makan bandeng pecaknya. Huhh...hahh..huhh..hahh....

Di luar rasa bumbu pecaknya yang pedes, gurih yang datang dari kacangnya juga enak. Ukuran ikan bandengnya besar dan cocok buat 2 orang. Daging ikan bandengnya terasa fresh, walaupun gue harus telaten memilah duri yang lumayan banyak di dalamnya. Tapi, it’s okey.

Gabus Pucung yang Selalu Nikmat

Bukan pertama kali gue nyobain sayur gabus pucung atau mencoba ikan gabus, apalagi di Bekasi masih banyak yang jual. Gue pernah coba sayur gabus pucung di deket Stadion Bekasi, gue juga pernah coba di Harapan Indah. Terus, gue pernah coba ikan gabus goreng di Cisauk.


Rasa gabus pucungnya sama-sama enak, dengan cita rasa kuah hitam pekat dan kental dari campuran pucung. Pucung? Kalau di Jawa namanya kluwak. Tau kan? Di campur dengan berbagai macam bumbu, rempah, dan potongan daun bawang yang bikin rasanya semakin gurih dan super nikmat, mantap.

Satu porsi sayur gabus pucung Rumah Makan Sayur Gabus Pucung Bapak Nijar akan mendapatkan dua potong ikan gabus. Gue mendapatkan bagian ujung ekor dan kepala ikan gabus yang ukurannya lumayan besar.


sayur gabus pucung di babelan
look's good right? begitu juga dengan rasanya
sayur gabus pucung di kabupaten babelan
ada sambel terasi, ada sambel dadak mentah
sayur gabus pucung di kabupaten bekasi
lalapannya bayar lho ya... tapi lengkap!
Tekstur daging ikan gabus yang tebal dan juga lembut selalu menjadi ciri khas yang menyenangkan saat disantap. Apalagi pas makan kita inget kalau ikan gabus ini punya kandungan protein albumin dan omega-3 yang lebih tinggi dari ikan salmon. 

Bahkan denger-denger, banyak orang yang rela mencari masakan ikan gabus dengan alasan untuk penyembuhan. Biasanya dicari oleh penderita diabetes karena bisa menurunkan kadar gula dalam tubuh. Ikan gabus juga katanya bagus buat regenerasi sel, penyembuhan luka, pertumbuhan otot, dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Waw!

Kesimpulannya
Rumah Makan Sayur Gabus Pucung Bapak Nijar di Babelan ini cocok buat penggemar masakan khas Betawi. Jam bukanya harus di inget ya, mulai jam 11 siang sampai jam 5 sore. Jangan kayak gue, dateng kepagian dan super niat! Hahaha..

Gue berdua makan di Rumah Makan Sayur Gabus Pucung Bapak Nijar pakai 1 porsi gabus pucung, 1 porsi pecak bandeng, 2 gelas teh tawar anget, 2 gelas es kelapa, 2 kerupuk putih, 1 tahu, 1 tempe, dan lalapan (dihitung), totalnya Rp113.000. Murah kan?

Selamat makan!

You Might Also Like

0 komentar

FACEBOOK

Member of

ID Corners