Masjid Menara Kudus: Jeda Antara Azan ke Iqomat Cepet Banget!

June 25, 2019

masjid sunan kudus

Pertama kali ke Kota Kudus hanya lewat aja di depan masjid ini di siang hari, tapi kali ini gue beneran mampir untuk salat Magrib di sini. 

Masjid Menara Kudus terletak di Jalan Menara, Kauman, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Kalau yang bawa mobil, parkirnya harus di pinggir jalan besar sebelum masuk ke dalam gang-nya, karena gang ke masjid-nya hanya boleh dilewati motor aja dan buanyak banget penjual oleh-oleh sama jajanan. Ruameee!!!

Masjid Menara Kudus adalah salah satu masjid kuno yang dibangun Sunan Kudus pada tahun 1549 M (956 H). Selain tentunya untuk beribadah, Masjid Menara Kudus sampai sekarang masih banyak orang yang datang untuk berziarah, karena di area masjid ini terdapat makam Sunan Kudus. Ia merupakan salah satu anggota Walisongo yang punya andil besar dalam menyebarkan Islam di tanah Jawa. 

Pengalaman Berbeda Salat Magrib
Cukup banyak pengalaman berbeda yang gue rasakan ketika mengunjungi Masjid Menara Kudus ini. Pertama, tentunya dari bangunannya menara di area depan yang ikonik, khas, dan menjadi sasaran berfoto banyak orang. Ternyata, menara ini masih difungsikan untuk menabuh beduk saat akan dikumandangkannya Azan. 

menara masjid menara kudus
Subhanallah, cantiknya.....
Pas langit dah mulai gelap, ada pengurus masjid yang pakai pakaian adat lengkap dengan blangkon-nya naik ke atas menara dan kemudian menabuh beduk yang suara tabuhannya bergema super kencang.

Setelahnya azan pun berkumandang, gue mikir si bapaknya juga azan dari atas menara. Lah kok azan lagi berkumandang, si bapak tau-tau keluar dari atas menara dan turun. Hahaha… Jadi azan itu palsu dan hanyalah rekaman aja?

Melihat Langit Senja yang Bikin Deg-Deg Ser
Walaupun suara azan-nya rekaman, tapi ketika suara azan berkumandang dengan hamparan langit biru yang perlahan mulai berubah menjadi hitam di Masjid Menara Kudus itu rasanya duh maknyesss…. Hati seketika bergetar akan kuasa Tuhan... 

masjid menara kota kudus
suasananya syahdu...
Beneran deh, suasana mistik seolah kita dibawa kembali ke zaman masa kerajaannya kentel banget terasa. Agak lebay memang, tapi begitu adanya yang gue rasain. 

Jeda Antara Azan ke Iqomat Cepet Banget
Eh iya ada yang gue notice lagi nih di Masjid Menara Kudus ini, pas gue masih nungguin azan selesai di teras masjid, gue pikir masih ada jeda sekitar 5-7 menit untuk iqomat dan salat dimulai, biasanya begitu kan ya? 

Ternyata setelah azan kelar, langsung iqomat dong dan langsung mulai salat Magrib-nya, what….Semua orang yang masih ada di luar dan mungkin baru pertama kali ke sini pun terlihat buru-buru buat ambil air wudhu dan masuk ke dalem masjid. Hahahahah….

Ada Bangunan yang Rasanya Pengen Gue Pindahin
Hahaha… iya bener. Pas masuk ke dalem Masjid Menara Kudus ini ada bangunan batu bata berdiri ngejogrog di tengah-tengah masjid dan seketika bikin gue berucap seketika gue bilang “ini ngapain sih bangunan ada di dalem sini”.

interior masjid menara kota kudus
liat deh, masih pake lampu gantung jadul dan posisinya lumayan rendah
interior masjid menara kudus
bangunan ini lho ada di tengah-tengah dalam masjid
Unik dan super khas banget Masjid Menara Kudus ini, karena gue baru pertama kali lihat yang kayak gini. Tapi ketika gue doa dan memperhatikan dengan seksama isi dalam Masjid terutama bangunan di tengah ini, terbesit perasaan “bisa nggak sih gue geser ini bangunan”. Hahaha….

Nggak Ada Suara Seirama Antara Bacaan Surat dan Takbir
Ada yang unik lagi nih gaes di Masjid Menara Kudus. Gue merasa kalau suara bacaan Al-Fatihah dan surat-surat pendeknya dari imam berbeda dengan suara bacaan takbirnya. 

Suara bacaan Al-Fatihahnya itu memang seperti suara asli dari imam-nya, tapi, tapi nih ya, suara bacaan Takbiratul Ihram-nya itu mirip rekaman kaset. Percaya deh sama gue kalau itu rekaman, karena tempo dan nada takbirnya selalu sama sampai akhir salat, template banget cui. Penasaran kan? 

Kesimpulannya
Masjid Menara Kudus menurut gue paket 3in1, pertama tentunya sebagai tempat ibadah, kedua menjadi tempat berziarah, dan ketiga sebagai tempat berwisata buat foto-foto di depan masjid, kebangetan kalau nggak masuk buat salat mah mereka. 

masjid menara kudus

Selamat beribadah!

You Might Also Like

0 comments

FACEBOOK

Member of

ID Corners