Kota Lama Semarang: Nggak Perlu Time Travel Tuk Kembali ke Masa Lalu

July 16, 2019

kota lama semarang

Jalan-jalan di Kota Lama Semarang emang selalu bikin nostalgia, gaya arsitektur khas bangunan-bangunan di Eropa tahun 70-an. Salah satu bangunan yang cukup terkenal di Kota Lama Semarang adalah Gereja Blenduk. 
Dulu, bangunan ini punya nama asli GPIB Immanuel Semarang di tahun 1753 dan termasuk gereja kristen tertua yang ada di Indonesia. 
kota lama di semarang
ini fotonya diambil dari Taman Srigunting
kota lama di semarang
Gereja Blenduk dari kejauhan, tepatnya dari seberang jalan
gereja blenduk di kota lama semarang
pagi hari ke sini masih nyaman banget, sepiii
Sebenernya gue udah sering lewat dan pernah mampir ke sini sekitar 7 tahun lalu ketika masih kuliah di Jogja. 
Bangunan besar berwarna putih dengan atap berwarna merah ini memang menjadi ikon Kota Semarang yang paling terkenal selain bangunan Lawang Sewu. Atapnya yang membulat berwarna merah itu disebut orang sini “blenduk”. Blenduk itu kalau diibaratkan misal kayak "ih bapak itu perutnya mblenduk". Hehe..
gereja blenduk di kota lama semarang
mantap!
gereja blenduk kota lama semarang
ini di foto dari samping gereja
Gereja Blenduk udah jadi bangunan cagar budaya. Artinya, bentuk asli gedung itu tidak boleh diubah. Oh iya, katanya sih wisatawan boleh masuk ke dalam gereja jika tidak ada acara kebaktian, dengan membayar retribusi.
Puas keliling Gereja Blenduk, kita bisa istirahat di Taman Srigunting persis yang ada di depannya. Taman yang dipenuhi pohon-pohon rindang untuk berteduh dari panasnya sinar matahari di Semarang yang terik. 
taman srigunting kota lama semarang
nah nempel di sampingnya adalah Taman Srigunting
taman srigunting kota lama semarang
eh ada yang bobok
taman srigunting kota lama semarang
kece kan tuh buat Pre-Wedd, murmer
suasana kota lama semarang
dari kejauhan, gerejanya ngumpet di balik pohon besar Taman Srigunting
suasana kota lama semarang
mohon maap mba nggak capek apa
suasana kota lama semarang
ampun bang, kalungnya serem
Oh iya, kita juga bisa keliling ke bagian lain dari Kota Lama Semarang yang nggak kalah menarik. Misalnya ada Gedung Jiwasraya, gedung Marba, kantor Kerta Niaga, hingga Stasiun Tawang. Cocok banget kalau yang mau niat OOTD ala-ala tahun 70-an. 
suasana kota lama semarang
nah bangunan-bangunan di sekitar Gereja Blenduk nggak kalah kecenya lho
suasana kota lama semarang
ini yang habis dipugar, Spiegel
suasana kota lama semarang
indomaret-nya jga lucu bangunannya ini
suasana kota lama semarang
apalagi ini, Marba, tapi entah ini bangunan fungsinya untuk apa
Selamat nostalgia!

You Might Also Like

0 comments

FACEBOOK

Member of

ID Corners