Gue Nggak Lebay, Gue Nggak Bohong. Review Jujur Sate Ratu Jogja, Tiga Menunya Enak Semua!

September 10, 2019

sate ratu jogja food paradise jalan magelang

Awalnya gue nggak punya ekspektasi tinggi ketika memasukkan agenda makan siang di Sate Ratu setelah pulang dari Borobudur di siang hari, terasa seperti mau makan sate biasanya. Apalagi gue juga baru denger Sate Ratu ini beberapa hari sebelum pergi ke Jogja. 

Semakin terasa biasa saja ketika tahu lokasi Sate Ratu ini berada di sebuah food court. Di mana rata-rata, kalau makanan di food court itu punya rasa yang biasa aja.

Tapi ternyata semua itu salah besar! Gue salah persepsi tentang Sate Ratu di Jogja ini. Setelah makan, gue sangat-sangat takjub, terpukau, dan melayang dibuatnya oleh rasanya yang uenaaak!

Lokasi Sate Ratu yang Membuatnya Underrated
Sate Ratu berada di Jogja Paradise Foodcourt, di Jalan Magelang No. KM. 6, Sleman, DIY. Lokasinya yang berada di dalam food court inilah yang bikin Sate Ratu di Jogja ini underrated

Apalagi letak food court-nya bukan di tengah kota, melainkan di pinggir kota. Nah kan, lokasinya di pinggir kota, di dalem food court yang sepi, jarang kedengeran pula nama Sate Ratu ini. Duh! Gue kalo nggak dapet info dari salah satu blogger, juga nggak tau Sate Ratu itu apa, seenak apa, dan di mana letaknya. 

sate ratu jogja food paradise jamal
awalnya sempet mikir "pede banget nih slogannya begini"
sate ratu jalan magelang
adem kok tempatnya kalau siang
Ketika masuk dari parkiran Jogja Paradise Foodcourt, letak kios Sate Ratu berada di paling ujung alias paling belakang. Nggak perlu susah payah nyari sih sebenernya, lihat aja yang pengunjungnya paling rame dan ada kebulan asap bebakaran, sudah itu lokasi Sate Ratu-nya. 

Brand Image-nya Kuat Banget!
Jangan kaget ketika pertama kali masuk ke dalam warungnya Sate Ratu ini dipenuhi dengan coretan testimoni pengunjung di hampir semua bagian dindingnya. Menurut info, sampai bulan April 2019 kemarin, Sate Ratu udah dikunjungi orang-orang dari 72 negara, seperti Korea, Jepang, China, Maroko, Tanzania, dll. Waw!

sate ratu jogja jalan magelang
liat temboknya, penuh coretan spidol....
sate ratu jogja jalan magelang
bisa belajar bahasa asing nih di sini, hahaha...
sate ratu jogja jalan magelang
membangun brand image yang paling niat
Lalu, di bagian dinding lainnya berisi piagam-piagam penghargaan yang diterima Sate Ratu, misalnya ada Certificate of Excellence Trip Advisor 2017 & 2018, lalu masuk 1 dari 22 besar Finalis Nasional Penerus Warisan Kuliner Kecap Bango, masuk juga 1 dari 95 Food Startup Indonesia by Bekraf. Gileee!!!

sate ratu jalan magelang
nah itu si bapak yang punya tuh kayaknya...
sate ratu jalan magelang
3018 tamu dari 77 negara, and still couting
sate ratu jalan magelang
Bergengsi nih kalau udah dapet dari TripAdvisor
Oh iya, di dalem warung Sate Ratu ini ada sebuah Plasma TV yang lumayan besar berada di tengah, tapi jangan harap TV ini memutar tayangan channel Indonesia. Terus apa Ki? Wah channel luar ya? Salah juga! Plasma TV ini juga berisi testimoni pengunjung yang makan ke Sate Ratu berbentuk video. Gue lupa foto Plasma TV-nya, contoh video testimoni yang gue maksud bisa diliat di IG-nya Sate Ratu (@sateratu).

Jadi kenapa gue sebut brand image-nya kuat, karena selama makan di sini, kita bakal disuguhi suara testimoni yang mengatakan “satenya enak”, “satenya lembut”, “dagingnya tebel”, “bumbu sate merahnya juara”, dll. Apalagi videonya diputar berulang-ulang, membuat hal itu secara nggak langsung akan men-sugesti setiap orang di pikirannya untuk terus merasakan “enak” pas makan satenya. Ya, walaupun beneran enak sih! Hehe…

Eh, pas lagi asyik ambil foto buat blog ini, ditanyalah gue oleh seorang yang sepertinya si pemilik Sate Ratu-nya. Ditanya dari mana asalnya, gimana rasa satenya, sampai ditanya apakah bersedia direkam buat jadi kumpulan video testimoni di TV. Haha…. 

Apa Menu yang Enak di Sate Ratu?
Ada tiga menu yang gue coba di Sate Ratu dan gue saranin kalian juga coba semuanya, pertama tentun Sate Merah sebagai signature dish-nya Sate Ratu ini, kedua adalah Sate Lilit Basah-nya, dan ketiga adalah Ceker Tugel-nya. 

sate merah sate ratu jogja
ini harga makanan di Sate Ratu, murah kaaaan!!
Pertama, gue bahas ceker tugelnya dulu yang punya rasa dominan pedes dan bakal bikin semua penggila ceker suka sama rasanya, percaya sama gue. Selain itu, ukuran cekernya tebel-tebel dan sekali gigit langsung lepas semua. Pas digigit pun tulangnya lembut banget, duh, duh, duh! 

ceker tugel sate ratu jogja
liat liat liat! satu mangkok penuh cekeerrr!!
Kedua yang gue coba adalah sate lilit basah Sate Ratu yang bikin gue kesengsem pas makan. Emang, bentuk sate lilitnya nggak seperti kebanyakan sate lilit yang biasa kita lihat dengan menggunakan batang sereh. Sate lilit basah-nya Sate Ratu ini udah dipotong-potong dan diberi sedikit kuah. Rasanya Ki? Duh mak’e, enak pisan! Perpaduan gurih adonan sate bakal nyampur sama rasa kuah pedas segar yang membuatnya semakin menggugah selera makan siang itu.

sate lilit basah sate ratu
entah kenapa gue jatuh cinta sama Sate Lilit Basah-nya
Jeng…jeng…jeng…jeng…, kita masuk ke signature dish-nya Sate Ratu yaitu sate merahnya. Jangan harap kalian menemukan atau melihat bumbu kacang atau sambel kecap di Sate Ratu ini, nggak ada. Ada di mana bumbu merahnya itu? Ada yang udah bisa nebak? Iya betul, bumbu sate merahnya ini dicelup ketika daging ayam-nya masih mentah, kemudian baru dibakar. Terbayang kan betapa meresapnya itu bumbu ke dalam lapisan daging ayamnya. Masih kurang menyerap? Tenang, selama proses pembakaran, si satenya di olesi terus menerus sama bumbu merahnya ini. Uwawww!!!
sate merah sate ratu
puter, oles, puter, oles, mantul!
sate merah sate ratu
ngeliat foto ini, bikin pengen lagi....
Gigitan pertama sate merah Sate Ratu ini bikin gue “kaget” dengan rasa yang seenak itu mampir di lidah gue. Waw! Gigitan kedua, ketiga, dan selanjutnya pun semakin membuat gue terbang melayang dibuatnya. Potongan daging ayamnya tebel banget, sampai gue mikir “ini nggak rugi apa ya?”.

sate merah sate ratu
liat gaess ukuran daging satenya.... ini gede dan tebel banget!
sate merah sate ratu
itu liat bumbunya sampai cling cling begitu, duh biyung!
sate merah sate ratu
ada kuah buat satenya, tapi menurut gue ini biasa aja sih, malah nggak cocok pacaran sama sate merahnya
Terus bumbu merahnya itu lho, meresap sampai ke daging ayamnya ini punya rasa yang seimbang antara pedas dan manis. Sedep banget pokoknya! Apalagi dimakan pas satenya masih anget! Alamaaak!! 

Oke, kesimpulannya adalah “gue bakal balik lagi ke Sate Ratu kalo ke Jogja!”. Dari ketiga menu yang gue coba di Sate Ratu, entah kenapa semuanya cocok di. Perfecto!

Ceker Tugel: Rp25.000 (8/10)
Sate Lilit Basah: Rp25.000 (9.5/10)
Sate Merah (isi 5): Rp25.000 (9.8/10)

You Might Also Like

0 comments

FACEBOOK

Member of

ID Corners