[FLASHBACK] Nusa Penida Ku Rindu, Nusa Penida yang Menjadi Candu

October 17, 2019

nusa penida naik fast boat

Nusa Penida, sebuah pulau eksotis yang termasuk dalam gugusan bali 3 nusa ini semakin hits dan semakin ramai didatangi oleh para wisatawan. Hebatnya, wisata di Nusa Penida mampu berkembang dengan sangat cepat, karena gue inget banget dulu di tahun 2016 ke Nusa Penida masih lumayan sepi. 

Tapi sekarang? Semua yang ke Bali pasti pengen ke Nusa Penida, apalagi fast boat Nusa Penida udah nyaman banget sekarang dan tiketnya gampang dibeli. 

Nusa Penida sendiri berdampingan dengan Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan, ketiganya sering disebut dengan gugusan 3 nusa. Tapi Nusa Penida lah yang mempunyai wilayah daratan yang paling luas dan tentunya yang paling banyak juga spot wisata yang bisa lo datangi. 

Beneran banyak banget, bahkan saran gue minimal 2 hari 1 malem di sini seperti yang gue lakukan, itu pun masih kurang lama untuk menjelajahi semua wisata di Nusa Penida. Mungkin 3 hari 2 malam kali ya, lo bakal bisa mendatangi semua spot wisata yang ada di Nusa Penida ini, bahkan lo bisa snorkeling buat lihat Pari Manta di sini. 

Tapi kalau lo memang hanya punya waktu satu hari aja, juga nggak masalah kok. Ada wisata yang worth it dan wajib di datangi walaupun hanya datang pagi pulang sore.


Banyak yang Tanya, Gimana Caranya ke Nusa Penida
Entah kenapa masih banyak banget yang bingung pergi ke Nusa Penida. Padahal naik fast boat sebagai cara tercepat dan paling nyaman menuju ke salah satu gugusan 3 nusa ini. Nggak perlu susah payah memesan tiket fast boat Nusa Penida, apalagi sekarang bisa beli tiket fast boat paling murah di online.

fast boat nusa penida
fast boat Nusa Penida
Pengalaman gue, beli tiket fast boat Nusa Penida harus antre di loket tiket di Pantai Sanur. Kalau lagi banyak wisatawan yang mau pergi ke Nusa Penida, antrean tiketnya bisa panjang banget cui.

fast boat nusa penida
beli tiket online, nggak perlu antre!
Tapi tenang, sekarang apa-apa udah serba enak, serba online, serba simpel, dan serba cepet. Lo nggak perlu lagi susah payah gerek-gerek koper ke loket, ribet, panas, antre panjang buat beli tiket boat Nusa Penida, karena sekarang lo bisa beli tiket fast boat online. Tinggal hubungi aja penyedia tiket fast boat Nusa Penida online, bayar, dapet tiketnya, tinggal berangkat. Semudah itu? 

Banyak Banget yang Dilihat Di Nusa Penida
Paling enak ketika itinerary yang lo susun bisa didatangi semua dan tentunya efisien. Efisien di sini maksudnya adalah nggak bolak-balik karena buat jadwal sembarangan. 

Ini gue jelasin pembagian spot wisata berdasarkan wilayahnya deh biar lo gampang buat itinerary pas ke Nusa Penida. Jadi, lo bisa gampang ngatur per harinya, apalagi ini bisa jadi patokan akurat karena lo bakal menginap di daerah tengah, yaitu dekat pelabuhan di mana fast boat Nusa Penida berlabuh.

peta jalan di nusa penida
yang gue tandain jingga, biru, ijo itu jalan raya di Nusa Penida
Daerah Timur Nusa Penida: Pantai Atuh, Pulau Seribu, Rumah Pohon Batu Molenteng, Bukit Teletubbies, Pantai Suwehan, Goa Giri Putri, Air Terjun Guyangan, dan Air Terjun Seganing.

Daerah Barat gugusan bali 3 nusa Nusa Penida: Mata Air Tembeling (Water Spring), Banah Cliff, Pantai Kelingking, Pura Paluang (Pura Mobil), Pantai Pasih Uug (Broken Beach), Angel’s Billabong, dan Pantai Crystal Bay. 

Seperti yang gue bilang di awal, kalau hanya punya waktu sehari aja nggak masalah kok. Ada spot yang wajib lo datangi di Nusa Penida sebagai pulau terluas di gugusan bali 3 nusa, apalagi aksesnya nggak susah. Spot wisata di Nusa Penida yang wajib lo datangi itu adalah Pantai Kelingking, Broken Beach, Angel’s Billabong, dan Crystal Beach.

pantai kelingking nusa penida
pantai kelingking yang jadi ikon Nusa Penida
angel's billabong nusa penida
yang nggak mau nyebur, duduk santai di sini juga menyenangkan
beneran indah banget

Foto-foto di Pantai Kelingking dengan bentuknya unik, bersantai melihat indahnya tebing bolong di Broken Beach, berenang di Angel’s Billabong yang dasarnya cakep banget, dan bersantai menjelang sore hari di Crystal Beach.

Keliling Nusa Penida Paling Asyik Pakai Motor
Saran gue ketika sampai di Nusa Penida, sebaiknya jangan pake mobil. Itu saran gue lho ya, pilihan kalian mah bebas. Waktu itu gue sewa motor di Nusa Penida gampang banget kok, suer dah! Apalagi pesennya online, lo nggak perlu lagi nyari-nyari di pelabuhan atau susah payah tawar menawar di sana. Tinggal isi data diri online, di hari H di anter motornya di pelabuhan, bayar, pakai deh. Gampang kan?

Eh iya, jangan kaget kalau ketika lo naik motor di Nusa Penida bakal liat banyak orang yang nggak pakai helm. Gue ngobrol sama warga setempat kalau di sini memang ada kantor polisi, tapi polisi tugasnya bukan nilangin orang yang nggak pakai helm, jadi ya warganya ya santuy aja.

rental motor mudah di nusa penida
nyaman banget deh naik motor di Nusa Penida
Gue jelasin nih asyiknya naik motor di Nusa Penida. Di sisi timur Nusa Penida sebagai gugusan bali 3 nusa ini, kita bakal melewati pinggir pantai yang udaranya semilir banget dengan pemandangannya luar biasa indah. Sedangkan di sisi barat Nusa Penida, kita bakal naik turun bukit yang juga nggak kalah asyik berkendara naik motor di sini.

Kalau motornya kehabisan bensin gimana? Tenang, di Nusa Penida banyak banget penjual bensin eceran yang bisa didatangi ketika bensin habis. Tapi kalau mau isi full tank dulu nggak masalah, karena ada satu pom bensin besar punya perta*ina lho di sini, jadi ya don’t worry keliling Nusa Penida naik motor. 

Selamat liburan!

You Might Also Like

0 comments

FACEBOOK

Member of

ID Corners